Manusia mampu bertahan hidup lebih lama dari kelaparan ketimbang kehausan

Pilih mana,menahan tidak makan,atau menahan tidak minum?,tentunya kedua-duanya bukan pilihan yang baik.Bagaimana andai anda dalam kondisi tersesat,di hutan belantara atau di padang pasir luas.
Ilustrasi

Untuk menahan lapar manusia bisa bertahan tidak makan hingga 8 minggu.Tubuh manusia menyimpan energi dalam bentuk lemak, karbohidrat dan protein.Biasanya tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat terlebih dahulu,lalu protein dan terakhir menggunakan lemak sebagai asupan energi.Selain cadangan makanan dalam tubuh, metabolisme dan iklim juga mempengaruhi.Orang dengan metabolisme yang lambat cenderung memiliki rasa kenyang lebih panjang,karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.Pada beberapa kasus tertentu,seperti dikutip dari Howstuffworks,Senin (30/11/2009) dimana seseorang memiliki kondisi tubuh yang tidak baik maka kemungkinan orang tersebut hanya bisa bertahan tanpa makanan selama 10 sampai 14 hari saja. Orang yang mengalami kelaparan tingkat tinggi ditandai dengan halusinasi, kejang-kejang, detak jantung yang tidak beraturan serta tidak berfungsinya organ-organ tertentu.
Ilustrasi

Sedangkan hidup tanpa air berbeda dengan hidup tanpa makanan.Jika udara sangat panas dan tidak ada air,maka dehidrasi bisa terjadi dalam waktu 1 jam saja.Karena itu seseorang bisa saja meninggal dalam waktu hitungan jam jika tidak memiliki air dan berada dalam kondisi yang panas.Namun, jika kondisi sekitarnya tidak terlalu panas atau dingin,seseorang bisa bertahan tanpa air 3 sampai 5 hari.
Manusia sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup,karena setiap hari orang kehilangan cairan melalui keringat,urin,feses bahkan saat bernapas hingga 1,5 liter per hari.Air sangat penting untuk organ-organ dalam tubuh agar bisa bekerja dengan baik.
Risiko utama orang hidup tanpa air dan kondisi panas adalah suhu tubuh akan terus meningkat dan orang tersebut bisa mengalami 'heat stroke'. Tapi jika orang tersebut minum air maka menurunkan suhu inti dan dapat mendinginkannya.
Orang yang kehilangan banyak cairan akan ditandai dengan mulut kering,mata cekung, jantung berdetak cepat, mudah tersinggung, muntah dan diare.Tahap akhir dari dehidrasi adalah tubuh mengalami shock yang ditandai dengan kulit biru keabu-abuan dan dingin jika disentuh.
Ternyata orang lebih bisa bertahan tanpa makanan dibanding tanpa air, karena seseorang bisa bertahan hingga beberapa minggu jika tak ada makanan tapi jika tak ada air hanya bertahan 5 hari saja